Plt. Bupati Muara Enim Hadiri Lomba Bidar Di Kecamatan Lawang Kidul

Tanjung Enim Muara Enim DO.co.id- Dalam rangka meriahkan HUTRI Ke-78 tahun 2023, Kecamatan Lawang Kidul gelar lomba Bidar dengan peserta berjumlah 36 regu, dibuka Plt. Bupati Muara Enim didampingi Camat Lawang Kidul, kegiatan ini dilaksanakan hari Minggu tanggal 20 Agustus 2023 bertempat di aliran sungai Enim kelurahan pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Minggu (20/08/23)


Lomba Bidar ini dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Muara Enim didampingi Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp dan Kapolsek Lawang Kidul, Danramil 404-05 Tanjung Enim dan Bunda Literasi Kecamatan Lawang Kidul.


PLT. Bupati Muara Enim sangat apresiasi dengan digelarnya lomba Bidar yang diselenggarakan Kecamatan Lawang Kidul, karena ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan adat budaya, tradisi dan kearifan lokal sejak dulu.


Sementara diungkapkan Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp, lomba Bidar merupakan perlombaan yang dilaksanakan secara tradisional, Bidar atau perahu yang digunakan sebagai sarana transportasi pada zaman dahulu untuk membawa hasil bumi yang akan dijual keluar kota atau desa.


"Dengan perubahan dari zaman ke zaman sehingga pada saat ini banyak yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat untuk membawa hasil bumi ke kota untuk dijual atau dipasarkan, namun masih ada juga masyarakat yang menggunakan perahu atau Bidar," ucap Camat Lawang Kidul saat wawancara dengan awak media sambil menyaksikan jalannya lomba Bidar.


Selain itu juga, Bidar atau perahu masih digunakan masyarakat terutama di daerah-daerah atau desa desa untuk membawa hasil bumi dari kebun atau talang yang melalui sungai sebagai transportasi, atau digunakan ditempat wisata.


Lebih lanjut dikatakan Camat Lawang Kidul "untuk peserta yang mengikuti lomba Bidar tetap berhati-hati, sehingga pelaksanaan kegiatan lomba Bidar hari ini berjalan dengan baik dan lancar," tuturnya.


Adapun peserta lomba Bidar hari ini sebanyak 36 peserta, dengan 2 kategori, pertama perahu model pendek 18 peserta dan kedua perahu model panjang ada 18 peserta, kegiatan ini dilaksanakan di sungai Enim Talang gabus pasar Tanjung Enim.


"Alhamdulillah, lomba Bidar ini masih dalam rangkaian memeriahkan HUTRI Ke-78 dilaksanakan dengan sukses, terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana dan khususnya PT Bukit Asam Tbk yang sudah support penuh kegiatan ini dan perusahaan lainya yang telah mendukung," demikian dikatakan Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp.


Harapan kedepannya, kiranya kegiatan dalam rangka memeriahkan HUTRI akan lebih meriah lagi, lebih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Lawang Kidul biar lebih meriah lagi.


Terakhir disampaikan Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp mengungkapkan selamat kepada pemenang lomba Bidar dalam rangka memeriahkan HUTRI Ke-78 tahun 2023.


Turut hadir dalam acara ini, selain Plt. Bupati Muara Enim, Forkopimda, serta beberapa Kepala OPD Lingkup Pemkab Muara Enim, Camat Lawang Kidul, Kapolsek Lawang Kidul, Danramil 404-05 Tanjung Enim, Bunda Literasi Kecamatan Lawang Kidul, Lurah dan kepala Desa, Ketua RW dan RT serta undangan lainnya se Kecamatan Lawang Kidul.(Editor Dharmawan SE / Pers M Umar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama