Dugaan Mau Cari Untung Besar, Pembangunan Jembatan Sungai Batu Desa Spantan Mutu Kualitas dan Kuantitas Dipertanyakan

       DutaOnline.Co.id

PALI Pembangunan jembatan sungai batu Desa Spantan Jaya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan,menuai kritikan dari LSM LIDIK  dan Ketua PWRI PALI,Selasa(20/12/2022).

Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Investigasi dan Informasi kemasyarakatan PALI (LSM LIDIK),menyoal dugaan adanya kecurangan oknum kontraktor PT.Putri Kembar Sakti,sumber dana APBD-P tahun anggaran 2022, dengan nilai Rp.4.960.660.000.

Arman Marzuki ketua DPK LSM LIDIK menjelaskan pada awak media ini",kami sangat menyangkan perbuatan oknum kontraktor yang diduga hanya mengejar keuntungan, tanpa mempertimbangkan kwalitas dan mutu bangunan, padahal baru tahap pengecoran pondasi kami menduga tidak sesuai dengan spek.,

Bahkan pada pengecoran bagian lantai, hanya menggunakan mikser kecil (molen pengaduk semen) dan juga untuk semen hanya satu sag dalam satu molen,kami menduga ini bentuk pengurangan material hanya mencari keuntungan besar,"ungkapnya.,

Kuat dugaan pengecoran pondasi sangat sedikit sekali mengunakan batu, bahkan besar kemungkinan ada yang tidak mengunakan batu, hanya pakai semen dan pasir,padahal beban jembatan tergantung pada pondasi,ini berdampak pada kekuatan jembatan. Jembatan bisa ambruk dan menyebabkan jatuhnya korbanjiwa,"jelasnya.,

Lebih lanjut Arman Marzuki menerangkan",kami juga menyangkan pihak kontraktor yang mengabaikan keselamatan kerja (k3),para pekerja tidak mengunakan APD (alat pelindung diri) helm dan juga tidak memakai sepatu septi, seharusnya kontraktor lebih utama memperhatikan keselamatan para pekerja,ini terkesan abai terhadap keselamatan", pungkasnya.

Sementara itu, Syamsudin, Ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten PALI juga sangat menyayangkan kejadian tersebut, dan meminta kepada Dinas terkait untuk memperketat pengawasan.

" Jembatan adalah penghubung dua tempat yang terputus, apabila kualitas pembangunan tidak sesuai, ini bisa berakibat fatal, mutu kualitas dan kuantitas pembangunan jembatan sungai batu Desa Desa Spantan Jaya menuju Desa Sungai Langan Kecamatan Penukal Kabupaten Pali patut di pertanyakan dan bisa mengancam keselamatan warga yang melintas di atas jembatan tersebut," paparnya.

Saat di konfirmasi melalui WhatsApp sampai berita ini di terbitkan,pihak PUPR (pekerjaan umum penataan ruang) Kabupaten PALI belum memberikan hak jawabnya (tim berita)

Post a Comment

أحدث أقدم