Diduga Tidak Merata, Disdik OKI Jelaskan Mekanisme Penyaluran DAK 2022 Non Fisik Senilai 18,7 M

      DUTA 0nline.Co.id

OKI Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Pemerintah Provinsi maupun Pusat telah menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 Non Fisik kepada Dinas Pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan salah satu dinas yang menerima bantuan tersebut. DAK 2022 Non Fisik tersebut digunakan Disdik OKI untuk pembelian atau pengadaan Cromebook di beberapa sekolah di OKI. 

Kepala Dinas Pendidikan OKI Muhammad Amin mengatakan, dirinya tidak mengetahui 

mekanisme penyaluran bantuan sebesar 18,7 Miliar tersebut. 

"Saya tidak tahu terkait bantuan itu, karena sudah ada Kepala Bidang Khusus yang menanganinya," ujar Muhammad Amin saat diwawancarai. 

Ia menyebutkan Bidang Khusus yang dimaksud merupakan Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kerja Pendidikan. 

Saat dikonfirmasi media DutaOnline.co.id, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kerja Pendidikan OKI Romli mengatakan, bantuan tersebut telah disalurkan ke 150 Sekolah Dasar (SD) yang ada di OKI. 

"Kami hanya sekedar menyalurkan saja sesuai aturan yang telah ditentukan dari pusat," ucapnya. 

Romli menjelaskan, 150 SD masing-masing mendapatkan 15 unit laptop Chromebook, 1 unit proyektor, 1 unit wireless router dan 1 unit konektor.

"Untuk spesifikasi Chromebook juga telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat," jelas Romli. 

Terkait SD yang mendapatkan bantuan DAK 2022 tersebut, Romli menegaskan bahwa ada kriteria sekolah yang layak menerima bantuan. 

Saat ditanya kriteria yang ditetapkan, Romli juga tidak bisa memberikan keterangan pasti akan kriteria sekolah yang layak menerima bantuan. 

Menurut salah satu Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan SP Padang yang tidak ingin disebutkan namanya, menyebutkan bahwa benar beberapa bulan terakhir pihaknya menerima bantuan yang disalurkan oleh pihak Disdik OKI. 

"Memang ada bantuan pusat yang disalurkan oleh Disdik OKI, kalau tidak salah di bulan Agustus atau September," ucapnya saat dihubungi via pesan What'sApp, Senin (20/12/2022).

Sedikit berbeda dengan bentuk barang yang disebutkan Romli, Kepala Sekolah tersebut mengatakan pihak Disdik OKI hanya memberikan laptop Crhomebook saja.

"Sebelumnya telah disalurkan juga di lima sekolah di tahap pertama. Untuk di tahap kedua, 10 sekolah yang menerima 10 unit laptop saja, tidak ada bantuan lainnya," pungkasnya. 

Hingga berita ini ditayangkan, pihak Disdik OKI belum memberikan keterangan terkait kriteria Sekolah Dasar yang layak menerima bantuan DAK 2022 Pendidikan sebesar 18,7 M tersebut. 

Berdasarkan spesifikasi barang bantuan yang disalurkan berbeda, pihak Disdik OKI juga tidak menjelaskan spesifikasi barang yang disalurkan di tiap sekolah penerima bantuan. ( Gani Asmadi )

Post a Comment

أحدث أقدم