Dodi Efendi Owner Ekonomi Kreatif Asal Muara Enim

Muara Enim -Dutaonline co.id

Dengan mengusung nama Home Industri dan Hand Made "Albie Craft", yang terletak di Jl. Veteran Gang Rukun RT. 02 Rw. 01 Pelawaran Kelurahan Pasar 1 Muara Enim, telah banyak memproduksi berbagai produk ekonomi Kreatif.


Dodi Efendi selaku owner  "Albie_Craft" salah satu pelaku ekonomi kreatif asal Muara Enim, sosok yang telah cukup lama berkecimpung diproduksi karya-karya hand made (Kerajinan Tangan), dan telah sempat menyentuh pasar internasional

Dikatakan Dodi Efendi, saat dibincangi media ini di tempat produksinya (24/08/23). Dirinya pernah mendapatkan order dari negara Singapura dan Malaysia, berupa produk ukir berbahan kayu. Order itu didapatkannya melalui jejaring internet dan media sosial.


"Dari tahun 2019 Dodi sudah mulai menekuni dunia hand made. Memulai dengan berbagai hand made untuk mahar pernikahan serta berbagai cinderamata & souvenir". Ungkap Dodi. 


"Dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan sebuah hand made yang bernilai ekonomi" jelas Dodi.


"Cukup sering juga dirinya mengalami kegagalan dan bahan baku yang terbuang sia-sia, namun hal itu tidak membuatnya surut untuk terus berkarya" imbuhnya.


Berbagai penghargaan juga sudah pernah diraih "Albie Craft", seperti saat mengikuti event IKM Sumsel Award di kota Palembang dan mendapatkan juara harapan 1 pada tahun 2022 lalu. Selain itu ia juga pernah meraih penghargaan event - even Usaha Kecil Menengah (UKM) lainya.


Saat ini produk unggulan "Albie Craft" adalah Asbak yang dapat mengeluarkan aroma kopi. Dimana saat kita mematikan api rokok pada asbak itu, panas api akan memicu mengeluarkan aroma kopi, tentunya ruangan akan menjadi beraroma kopi dan menetralisir aroma asap rokok.


Hingga saat ini Albie Craft belom tersentuh ataupun mendapatkan pembinaan - pembinaan oleh pemerintah ataupun BUMN yang ada di kabupaten Muara Enim, semua masih dilakukan dan dijalankan secara mandiri. Namun produk produk "Albie Craft" sudah cukup sering dipakai oleh dinas koperasi, dinas perdagangan, dan dinas pariwisata Muara Enim.


"Kedepan kita masih membutuhkan pembinaan - pembinaan dari pemerintah ataupun BUMN yang ada di kabupaten Muara Enim, sehingga dapat menyentuh pasar yang lebih luas dan  mendongkrak usaha yang telah ia tekuni selama ini". Harap Dodi. 


"Untuk melihat berbagai produk yang telah kita kerjakan bisa dicek pada akun medsos "Albie Craft"  @Albie_Craft  (Instagram) atau bisa order langsung ke WhatsApp 0853-7777-4852" pungkas Dodi.(Suprik)

Post a Comment

أحدث أقدم